Pantai Siung Lukisan Alam Menakjubkan

Yogyakarta tepatnya wilayah Kabupaten Gunung Kidul, sudah terkenal akan kecantikan pantainya. Salah satunya adalah Pantai Siung yang terletak di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul,Yogyakarta. Pantai suing terletak diantara batuan besar dan pegunungan. Selain kendahan pantainya, ternyata pantai suing terkenal dengan tempat panjat tebingnya yang sudah mendunia apalagi di Asia Tenggara, Bahkan mempunyai julukan sebagai surga nya para pemanjat tebing nasioanal atau internasional.

Wisatawan selain menikmati keindahan Pantai suing, juga banyak yang menikmati keindahan dengan panjat tebing. Hamparan pasir putih yang luas dengan tanaman khas disekeliling pantai menambak ke eksotisan Pantai Siung. Dari Yogyakarta ke pantai siung berjarak kurang lebih 80km, sehingga butuh waktu lebih lama untuk sampai ke pantai suing. Meskipun jauh dari kota, namun ketika sampai disana lelah anda akan terbayarkan oleh keindahan alam yang sangat luar biasa.. Apalagi diperjalanan anda akan dimanjakan dengan pantai-pantai dan gunung besar yang bebatuan menyerupai gunung berapi. Masyarakat sekitar menyebutnya Gunung Api Purba Batur yang berada di desa balong, Girisubo. Menarik bukan? Selanjutnya akan di bahas mengenai keunikan dari Pantai Siung.

Keunikan Pantai Siung

Asal Usul Nama Pantai Siung

Pantai Siung ternyata memiliki sejarah. Nama siung sendiri diambil dari nama kera atau siung wanara. Karena batuan yang ada di pantai siung itu menyerupai gigi kera. Sehingga masyarakat menamainya Pantai Siung.

Panjat Tebing

Selain mempunyai keunikan pada namanya, pantai siung juga ada tempat panjat tebing. Tebing alami yang ada di Pantai Siung menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang gemar panjat tebing. Sehingga ada cara tersendiri menikmati keindahan Pantai Siung, yaitu dari atas tebing. Asal muasal tebing ini pada tahun 1989 batuan besar tersebut memiliki peranan penting bagi para pecinta alam asal Jepang. Mereka menjadikan tebing tersebut untuk pendakian. Sehingga pada tahun 2005 pemerintah meresmikan tempat tersebut sebagai tempat panjat tebing. Bahkan pernah dijadikan lokasi Asean Climbing Gathering yang diikuti 250 partisipan dari 65 negara Eropa dan Asia\

Keindahan Pantai Siung dari Atas Bukit

Selain menikmati Pantai Siung secara langsung, anda juga bisa melihat keindahan Pantai Siung dari atas bukit. Bukit yang terletak disebelah timur pantai siung melalui jalan setapak. Dan dijalan setapak tersebut kanan kiri kita adalah jurang, maka perlu berhati-hati. Kemudian kita jalan ke ujung barat hingga akhirnya kita bisa melihat keindahan pantai siung dari atas bukit dan melihat keindahan alam laut lepas yang biru dan bersih.

Tips Berkunjung ke Pantai Siung

  1. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi perhatikan mesin kendaraan anda, agar saat perjalanan tetap lancar. jika saran kami gunakan perusahaan tour travel terpercaya anda ( recomended 82trans )
  2. Ketika anda akan bermain air sebaiknya membawa baju ganti. Sehingga ketika anda melanjutkan ke tempat wisata lain, anda menggunakan baju kering.
  3. Bawa trash bag untuk mengantongi sampah yang anda bawa, jangan sampai membuang sampah sembarang. Apalagi ditempat seindah Pantai Siung.
  4. Pastikan membawa kebutuhan pribadi yang wajib dibawa ketika bepergian, apalagi keperluan tersebut tidak bisa dibeli disembarang tempat.

Recommended Tour Travel Jogja Bisa Hub 82 Trans Tour Travel Jogja
085724828282 atau 085212159200

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *