Indahnya Sunset Embung Nglanggeran Danau Atas Bukit

Embung Nglanggeran adalah danau buatan yang berada di area perbukitan Gunung Api Purba Nglanggeran Patuk Gunungkidul. Fungsi utama embung adalah cekungan buatan sebagai penampung air hujan yang peruntukannya adalah sebagai supply air usaha pertanian di sekeliling area embung.

Karena berada dalam kawasan Wisata Gunung Api Purba, maka embung tersebut nampaknya lebih mudah dikenal sebagai sebuah tempat wisata. Dari lokasi ini memang dapat melihat panorama perbukitan Gunung Api Purba di sebelah utara dan hamparan dataran zone Ledok Wonosari dan zone Pegunungan Sewu Gunungkidul. Untuk kamu yang menyukai tempat wisata yang menawarkan keindahan sunset, udara yang sejuk, dan segarnya melihat danau, kamu wajib untuk mengunjungi salah satu objek wisata yang terdapat di puncak Gunung Kidul, Yogyakarta. Embung Nglanggeran, sebuah objek wisata danau buatan yang dikelilingi oleh pemandangan Gunung Api Purba.

Setelah mengembangkan berbagai macam tanaman dan buah, warga masyarakat Desa Nglanggeran terus melakukan inovasi berbagai produk olahan bahan makanan asal wilayah setempat. Salah satunya yaitu dengan mengembangkan dan mengolah  kakao hasil dari para petani.

Jarak yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi Embung Nglanggeran dari kota Yogyakarta adalah sekitar 20,5 km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit. Jangan khawatir jika kamu kesulitan mendapatkan sinyal atau kehabisan battery ketika mencari lokasi melalui peta di smartphone, di pinggir-pinggir jalan menuju Embung Nglanggeran kamu dapat menemukan beberapa papan penunjuk jalan untuk sampai ke Embung Nglanggeran.

Mendekati lokasi Embung Nglanggeran, kendaraanmu akan dipaksa untuk mendaki jalan yang cukup terjal. Selain itu, kondisi jalan juga tidak seluruhnya berada dalam kondisi yang baik. Oleh karena itu, pastikan kendaraan berada dalam kondisi yang prima. Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan Embung Nglanggeran hingga matahari terbenam, pastikan lampu kendaraanmu berada dalam kondisi yang baik karena kondisi jalan yang minim pencahayaan.

Embung Nglanggeran juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap, seperti toilet, gazebo untuk bersantai, mushola, dan beberapa warung makan. Selain itu, kamu dapat menikmati keindahan Embung Nglanggeran selama apapun karena kawasan wisata ini buka selama 24 jam. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mengunjungi kawasan wisata yang satu ini.

 

Red Dari berbagai Sumber salah satunya

Embung Nglanggeran, Pesona Danau Buatan Diatas Bukit

Embung Nglanggeran, Pesona Danau Buatan Diatas Bukit

Embung Nglanggeran, Pesona Danau Buatan Diatas Bukit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *