Goa Gong Pacitan Dengan Keunikannya

Kota 1001 goa, demikian julukan yang melekat pada Kota Pacitan, Jawa Timur. Meski secara umum objek wisata di Pacitan tak hanya sarat akan goa, tapi juga wisata pantai, pegunungan, sejarah, dan pemandian alam.

Salah satu wisata goa yang kondang di Pacitan adalah Goa Gong. Goa ini terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung.

Jaraknya sekitar 37 kilometer dari kota Pacitan atau sekitar 45 menit berkendara melalui jalan Solo-Pacitan. Petunjuk jalan untuk menuju ga ini cukup jelas dengan jalanan yang tergolong cukup baik.

Jika Anda ingin mengunjungi goa ini, siapkan nyali untuk melintasi jalan berliku dengan latar tebing dan jurang pegunungan.

Keindahan yang disuguhkan alam dengan stalaktit–batu yang menjuntai dari atas ke bawah–dan stalakmit–batu yang tumbuh dari bawah ke atas–di dalamnya, membuat wisatawan rela menempuh perjalanan itu untuk menyambangi goa ini.

Keunikan lainnya yakni stalaktit dan stalakmitnya yang akan berbunyi laiknya gong ketika dipukul. Itu sebabnya goa ini dinamai Goa Gong.

Pernah dianggap angker
Menukil Dream.co.id, konon dulu goa ini dianggap angker, karena sering terdengar suara gamelan, termasuk bunyi suara gong dari dalam goa.

Berdasarkan cerita temurun seperti termaktub di salah satu dinding goa, goa ini pertama kali ditemukan oleh dua sesepuh Desa Bomo, yakni Mbah Noyo Soemito dan Mbah Joyo Rejo.

Keduanya menemukan goa Gong secara tak sengaja saat Pacitan dilanda kekeringan pada 1924. Di dalam goa, keduanya mendapati empat mata air yang hingga kini masih mengalir.

Akan tetapi sepeninggal Mbah Noyo, Goa Gong tidak pernah lagi didatangi penduduk. Hingga kemudian pada Maret 1995, masyarakat setempat mencari kembali keberadaan goa ini dan berniat membukanya untuk umum.

Pesona ruang goa
Memasuki kawasan wisata Gua Gong Anda diharuskan membayar retribusi sebesar Rp5 ribu per orang. Cukup murah memang.

Menukil detikTravel, dari area parkir kendaraan, Anda harus berjalan sejauh kurang lebih 200 meter untuk sampai di mulut goa. Sebelum memasuki pintu goa pun Anda akan banyak menemui penjaja senter. Jika ingin lebih detail mengeksplorasi goa hingga ke sela-sela, Anda dapat menyewa senter dengan Rp5 ribu rupiah.

Seperti dipaparkan Sindonews.com, Anda dapat menyusuri tujuh ruangan dan empat sendang–kolam pemandian–atau sungai mata air yang tersembunyi. Sementara keindahan alami goa dapat Anda nikmati dengan menyusuri jalan setapak, berpagar besi sepanjang kurang lebih 300 hingga 500 meter.

Tiap ruang dalam goa ini memiliki luas yang berbeda yang menawarkan beragam keindahan. Tiap ruang seolah disekat dengan pintu kecil penghubung antar-ruang. Untuk menyusurinya, Anda harus meniti tangga menurun yang memang dibangun untuk kepentingan dan keamanan para wisatawan.

Tempo.co menulis bahwa batu pada setiap ruangan goa menyajikan pemandangan bernuansa eksotis. Stalaktit terlihat menjuntai bak tirai. Sementara stalakmit tampil tak kalah indah.

Kesemuanya itu dipadukan dengan pantulan cahaya lampu berwarna-warni. Ada hijau, biru, merah, putih yang menyala secara bergantian setiap dua menit.

Lampu sorot warna-warni itu memberikan efek khusus pada stalaktit dan stalakmit yang berwarna dasar kuning gading atau coklat kekuningan. Itu membuat keindahan dalam goa kian elok.

Fasilitas-fasilitas tadi tentunya berkat perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Pacitan yang pada tahun 1996 membangun fasilitas tangga jalan, pagar, lampu penerangan, dan memasang kipas angin untuk mengatasi sumpeknya udara di dalam goa.

Pendek kata, Anda tak perlu khawatir kegerahan ketika berada di dalam gua. “Perbaikan sudah selesai pada Januari lalu,” kata Dwi Sumarni, salah seorang pedagang di kawasan wisata yang terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung.

Aktivitas ekonomi di sekitar Goa Gong sebenarnya mulai berlangsung sejak 1997. Karena semakin banyak dikunjungi wisatawan, warga yang sebelumnya hanya mengandalkan sumber pendapatan dari hasil tani, mulai membuka usaha kios cendera mata di kawasan tersebut.

 

sumber beritagar.id

 

jika Anda Berada di Jogja Dan Mau Main Kesini Mudah Kok….

Cukup Hubungi Jasa Trans Tour and Travel Kami Saja 0857-24-828282

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *