Air Terjun Lepo, Yang Tidak Kepo, Tapi Bikin Mlongo

Air terjun Lepo yang berada di Dusun Pokoh 1, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Bantul bisa menjadi destinasi yang patut dicoba. Selain tempatnya yang asri karena rindang dipenuhi banyak pepohonan, air terjun Lepo juga memiliki air yang jernih dan berwarna biru. Wisatawan bisa mandi sepuasnya diantara air yang mengenang dari grojogan (air terjun). Segarnya air dan gemericik air mengalir diantara bebatuan rasanya sanggup melepas lelah setelah penat bekerja.

Untuk menuju wisata air terjun Lepo, akses jalan yang harus dilalui cukup mudah. Dari kota Yogyakarta menuju jalan Imogiri Timur lurus dengan tujuan Balai desa Dlingo. Dari Balai desa Dlingo lurus ke timur melewati jalan kampung hingga menemukan petunjuk jalan menuju Air terjun Lepo. Memasuki kawasan wisata air terjun Lepo pengunjung akan disambut jalan setapak menurun dengan puluhan anak tangga. Usai melewati jalan setapak sekira 200 meter, wisatawan akan langsung disambut gemericik air dan rindangnya pepohonan yang asri.

Air terjun Lepo memiliki beberapa tingkatan. Tingkatan pertama memiliki ketinggian sedang dan memiliki kedalaman kolam sekitar setengah meter. Biasanya digunakan wisatawan untuk duduk sambil merendam kaki. Di tingkat ini juga aman untuk anak-anak berenang karena kolam yang tidak terlalu dalam, bahkan di tingkat ini dasar kolam bisa dilihat.

Tingkatan kedua bebatuan sekitar air terjun agak curam dan licin sehingga agar wisatawan untuk berhati-hati. Kedalaman kolam masih dangkal, yaitu sekitar pinggang orang dewasa. Kolam kedua ini dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang tersusun eksotis. Ceruk batu di salah satu sisi kolam menjadi spot terbaik menikmati air terjun di tingkat ini.

Sedangkan tingkat terbawah merupakan tempat favorit berenang orang-orang dewasa. Kolam curug disini memiliki kedalaman hingga 2 meter. Selain itu areanya pun cukup luas dibanding dua kolam diatasnya. Terdapat jalan setapak dan tangga-tangga batu sebagai pijakan untuk bisa sampai di kolam ketiga tersebut. Di kolam ketiga ini, tebing-tebing batu di sekeliling air terjun berbentuk balok yang sengaja dipotong olah pengelola.

Secara keseluruhan Grojogan Lepo ini merupakan salah satu air terjun mungil nan cantik. Tiap tingkatan memberikan kesan yang berbeda. Kita juga dapat bermain air dengan bebas di sini. Suasana yang masih alami sangat cocok untuk kita melepas lelah.

Kendaraan yang di sarankan menggunakan motor atau mobil kecil, jangan bus. karna jalan nya arah kesana masih terlalu sempit. Jika ingin menggunakan Avanza, Xenia Ataupun sejenisnya bisa menghubungi Tour Travel Recommended di Jogja Seperti 82 Trans Tour Travel Jogja, Yang menyediakan sewa Mobil Apasaja dengan lepas kunci ataupun plus driver atau pun dengan paket ALL IN, untuk info bisa menghubungi 085724828282 atau 085212159200

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *